FRESHMEN ENRICHMENT PROGRAM (FEP)

Beberapa kampus lain mungkin lebih mengenalnya sebagai MOS, ya sebutan yang ini memang lebih dikenal di masyarakat luas. Namun, bila kalian berkuliah di BINUS UNIVERSITY kalian tak asing lagi bila mendengarnya. Tujuan dari FEP yaitu memperkenalkan kepada para mahasiswa baru Binusian 2020 untuk mengenal dunia perkuliahan di BINUS UNIVERSITY. Ada berbagai rangkaian acara dari FEP yaitu General Orientation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation.

Dunia perkuliahan umumnya adalah peralihan dari masa SMA menuju Dunia Kerja. Untuk dari itu sangatlah penting untuk melalui dunia perkuliahan secara sukses agar nanti pada saat memasuki dunia kerja kita mempunyai bekal hardskills dan softskills yang tangguh sehingga dapat menjadi pribadi yang tangguh. Banyak orang merasa sulit beradaptasi bila memasuki lingkup dunia yang baru, maka dari itu program FEP penting agar para mahasiswa baru tidak kaget saat memasuki dunia perkuliahan di BINUS UNIVERSITY. Selama mengikuti Freshmen Enricment Program, kami dipandu oleh para senior yang kami sebut Kakak BC. Mereka pun menyebut kami sebagai Buddy.

GENERAL ORIENTATION (GO)

General Orientation berlangsung selama 6 hari, berawal dari bulan Juli sampai dengan Agustus. Masing masing batch memiliki tanggal pelaksanaannya masing-masing. Batch saya ada yang kelima jadi kami memulainya pada tanggal 22-27 Agustus 2016. Masing-masing harinya pun memiliki topik yang berbeda-beda.

Pada hari pertama diadakan briefing yang dipimpin oleh para BC. Pada saat itu juga kami saling berkenalan satu sama lain. Saya mendapatkan kelas EAS02 yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi jurusan Teknik Informatika, Management, Marketing Communication, dan Mass Communication. Walaupun terdiri dari berbagai jurusan, kami tetap berteman baik satu sama lain. Briefing dilakukan dari mulai jam 9 pagi sampai selesai. Pada saat briefing kami diberitahu peraturan selama General Orientation berlangsung.

Pada hari kedua diberikan materi tentang binusian journey yaitu visi dan misi Binus untuk menjadi world class university, dan materi tentang bagaimana perkuliahan di Binus. Para BC menjelaskan materinya secara bergantian.

Pada hari ketiga kami berkumpul di aula besar. Disana seluruh mahasiswa yang tergabung pada batch kelima berkumpul untuk mendengarkan presentasi dari wakil rektor Bapak Andreas Chang. Setelah sesi berakhir kami menuju ke laboratorium untuk membuat akun binusmaya. Binusmaya bisa dikatakan sebagai Ruh-nya para keluar Binus University karena disana terdapat berbagai hal yang diperlukan selama perkuliahan di Binus, baik untuk para mahasiswa, para dosen, dan berbagai staff.

Pada hari keempat jadwal kegiatan yaitu bunga rampai. Sesi bunga rampai ini mungkin sesi yang paling banyak ditunggu selama prosesi General Orientation berlangsung karena banyak sekali UKM dan HMJ yang mempromosikan dirinya. Saya sendiri tertarik dan mengikuti 2 UKM dan 1 HMJ. Namun pendaftran untuk binusian 2020 tidak dibuka pada saat itu, melainkan pada saat EXPO.

Pada hari kelima kami mendapatkan asupan materi berupa bagaimana cara agar sukses melalui perkuliahan di Binus University. Selain itu dibacakan juga tata tertib apa saja yang berlaku selama di Binus University. Seletah materi di kelas, kami berpindah kelas menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk mendapatkan siraman rohani berr…… dingin!!.

Hari keenam adalah hari yang paling ditunggu-tunggu karena hari ini adalah hari terakhir dari General Orientation karena hari ini adalah hari kami perkesempatan mendaftar UKM dan HMJ yang telah tampil mempromosikan dirinya pada saat bunga rampai berlangsung. Pada hari terakhir ini, kami berkumpul di Binus tepat pukul 7 pagi. Sejak hari ketiga General Orientation setelah selesai sesi kelas sebenarnya kami berlatih untuk penampilan yel-yel, dan pada saat EXPO kami pun menampilkan yel-yel hasil latihan kami. Walaupun kelas kami terdiri dari berbagai jurusan, namun kami tetap kompak!! Walaupun sayangnya hanya mendapatkan juara kedua pada perlombaan yel-yel, yang terpenting adalah kebersamaan yang telah kami bangun dari hari pertama General Orientation berlangsung.

ACADEMIC ORIENTATION (AO)

Academic Orientation bisa dikatakan sebagai matrikulasi. Karena yang menjelaskan selama AO yaitu bapak/ibu dosen bukan lagi para BC. Materi yang kami terima pun berupa materi perkuliahan awal dari berbagai dosen mata kuliah masing-masing. Selama kurang lebih 2 pekan kami menimba dan menerima berbagai ilmu ilmu dasar agar nanti pada saat memulai masa perkuliahan tidak kaget lagi bila menerima materi yang serupa.

CAMPUS LIFE ORIENTATION (CLO)

Campus Life Orientation berlangsung selama 1 semester. Kembali kami dibimbing oleh para BC selama CLO, namun BC yang bertugas tidak sama dengan BC yang bekerja saat General Orientation berlangsung. Pada tiap pekannya ada materi yang disampaikan oleh para BC tersebut. Wahh berat yah ternyata menjadi seorang BC.

ORGANIZATION SKILLS

Selama berkuliah di Binus kalian dapat mengembangkan skill berorganisasi kalian dengan cara mengikuti UKM dan MHJ yang terdapat di Binus. Untuk  mengembangkan soft skill kalian perlu sekali mengikuti pengalaman mengurus organisasi.

Soft skill adalah keterampilan subjektif yang jauh lebih sulit untuk diukur. Soft skill berhubungan dengan cara kita berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Contoh soft skill adalah; manajemen diri, kepercayaan diri, teamwork, leadership, komunikasi, kesabaran, dan banyak lagi. Dan untuk membuat soft skill yang lebih baik dibutuhkan Emotional Quotient (EQ).

Di sisi lain, hard skill adalah kemampuan mendidik atau keterampilan yang mudah untuk diukur. hard skill bisa dipelajari di sekolah dan dari buku-buku. Contoh hard skill yaitu; matematika, fisika, akuntansi, pemrograman, kimia, biologi, dan banyak lagi. Untuk menjadi membuat hard skill yang baik biasanya diperlukan kecerdasan atau Intelligence Quotient (IQ).

Jadi untuk mempertajam Organization Skills, baik hard skill atau soft skill, kita bisa bergabung dengan organisasi-organisasi yang telah tersedia di Binus dan aktif di dalamnya.

Tags:

Leave a Reply